1 September 02:59

iOS 14 Siap Memotong Jaringan Audiens Facebook

iOS 14 Siap Memotong Jaringan Audiens Facebook

 

Facebook mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu tentang kemungkinan dampak sistem operasi iPhone iOS 14, dan dampaknya pada pengiklan dan penerbit dalam aplikasi.

 

Hits terus berdatangan untuk ekosistem iklan Facebook. Roll-out dari CCPA pada bulan Juli menyebabkan malapetaka bagi pengiklan , dan Facebook kini proaktif peringatan dari potensi gangguan baru: roll-out dari iPhone iOS 14 bulan depan.

 

Untuk memahami perubahan ini, ada beberapa bagian yang bergerak.

 

 

IDFA & Bagaimana Ini Digunakan

 

Apple menggunakan “IDFA” (Pengenal untuk Pengiklan) sebagai mekanisme pelacakan untuk pengguna iPhone. Itu mencatat hal-hal seperti aplikasi dibuka, apa yang berinteraksi dengannya – pada dasarnya, itu adalah cookie mereka.

 

Platform periklanan mengandalkan data tersebut untuk membedakan minat dan tindakan pengguna. Ini memberdayakan bagaimana iklan ditargetkan. Ini sangat diandalkan oleh perusahaan aplikasi dan game, yang menampilkan iklan di situs mereka melalui Jaringan Audiens Facebook.

 

 

Perubahan Privasi IDFA

 

IDFS selalu menjadi default yang ada untuk pengguna iOS, tetapi Apple mengumumkan awal tahun ini bahwa itu menjadi mekanisme opt-in. Dengan kata lain, pengguna tidak akan dilacak secara default lagi.

 

Artinya, ini menjadi opsi keikutsertaan bagi pengguna, yang akan ditanya apakah mereka memberikan izin untuk membagikan data. Jika tidak, data tersebut tidak akan ada untuk penargetan, membuat penempatan iklan yang efektif menjadi perjuangan berat. Lebih sedikit iklan yang ditempatkan di Jaringan Audiens berarti lebih sedikit pendapatan iklan untuk penerbit yang menampilkannya.

 

Apa Artinya Ini untuk Facebook

 

Salah satu opsi penempatan Facebook adalah Facebook Audience Network

 

Penempatan ini sangat bergantung pada penempatan iklan dalam aplikasi, yang digunakan pemilik aplikasi sebagai strategi monetisasi. Data IDFA berfungsi dengan token SDK Facebook, mekanisme pelacakan untuk data dan tindakan dalam aplikasi.

 

Facebook memperingatkan penerbit ini untuk mempersiapkan diri. Hilangnya kemampuan penargetan akan berdampak pada inventaris iklan, yang berarti lebih sedikit uang bagi penerbit aplikasi yang menghasilkan uang dengan cara ini. Dalam pengujian mereka, mereka melihat pendapatan merosot 50% untuk penayang saat personalisasi iklan dihapus.

 

Pada akhirnya, terlepas dari upaya terbaik kami, pembaruan Apple dapat membuat Jaringan Audiens sangat tidak efektif di iOS 14 sehingga mungkin tidak masuk akal untuk menawarkannya di iOS 14. – Pernyataan Facebook

 

Komentar Facebook mereka mengharapkan pendapatan iklan mereka sendiri tidak terlalu terpengaruh. Mayoritas inventaris Facebook berasal dari Feed, dengan Audience Network mewakili jumlah pendapatan yang lebih kecil secara keseluruhan.

 

Apa yang Dilakukan Facebook

 

Pertama, Facebook tidak akan mengumpulkan data aplikasinya sendiri untuk pengguna di iOS 14. Mereka mencatat ini dapat berubah saat mereka terus bekerja dengan Apple, dan aturan menjadi lebih jelas.

 

Kedua, Facebook meminta pengiklan yang menjalankan kampanye pemasangan aplikasi untuk membuat akun iklan baru yang terpisah khusus untuk menargetkan pengguna iOS 14. Mereka dapat mempertahankan akun mereka saat ini yang menargetkan versi iOS sebelumnya, bersama dengan yang menargetkan pengguna Android.

 

Ketiga, versi terbaru dari SDK mereka akan dirilis. Meskipun Apple belum mengonfirmasi tanggal untuk iOS 14, Facebook akan merilis pembaruan ini sebelum peluncuran iOS 14. Mereka belum mengkonfirmasi tanggalnya.

 

Posisi Facebook di Apple

 

Pernyataan Facebook patut diperhatikan. Perubahan tersebut mengisyaratkan bahwa Apple terus maju dengan keputusan yang kemungkinan besar akan merugikan penerbit, dengan sedikit kerja sama.

 

Kami memahami bahwa iOS 14 akan merugikan banyak pengembang dan penerbit kami pada saat yang sudah sulit untuk bisnis. Kami bekerja dengan lebih dari 19.000 pengembang dan penerbit dari seluruh dunia¹ dan pada 2019 kami membayar miliaran dolar². Banyak di antaranya adalah bisnis kecil yang bergantung pada iklan untuk mendukung mata pencaharian mereka. – Pernyataan Facebook

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

source : www.searchenginejournal.com